Thursday, February 16, 2012

Plagiarism vs Inspired vs Creative

Hi Iconia and My Mez how are you?
Makasih banyak yang udah nonton MTV Ampuh tadi ya.

Ada sesuatu hal yang cukup menarik untuk dimention :) plagiarism vs inspired vs creative
Apa sih itu semua? Dalam definisinya kalau creative berarti orisinil dalam segala hal apapun. Inspired berarti terinspirasi yang intinya melihat mendengar sesuatu yang lain jadi terinspirasi untuk sesuatu yang baru. Kalau plagiarism alias plagiat ya berarti dijiplak mentah mentah tanpa ada perubahan, tapi sekarang mirip mirip pun dianggap plagiat. Coba deh kalau kita telaah lebih lanjut sebenarnya semua ini agak rancu.

Yang dicomplaint bahwa GB dan BB di Indonesia semua plagiat, bener? Kalau plagiat ya berarti karya karya dari seberang sana tanpa diubah sedikitpun langsung dikaryakan disini layaknya saduran. Itu baru plagiat, masih ngikutin guys? :) kalau diteliti lebih lanjut GB maupun BB dari negeri seberang (K) pun ter'inspirasi' oleh GB/BB seberangnya (J) maupun dari seberang lautan lagi (US). Apakah mereka disebut plagiat? Ada yang bilang ya ada yang bilang tidak. Itu semua tergantung penilaian masing-masing orang.

Mengenai gaya kostum dan sebagainya itu tidak bisa disebut plagiat (ini tidak perlu dijelasin). Music itu nadanya do re mi fa sol la si do, ya aransemen music ya ga jauh jauh dari sana. Kalau nada per nada nya sama ya itu plagiarism. Dan disebutkan bahwa GB/BB kita ngapain sih ikut ikutan kayak negeri seberang? Hmmm kalau boleh jawab sih bukan ikut ikutan tapi membaca trend secara economy, face it semua GB/BB berada di bawah suatu label, label itu badan usaha, badan usaha itu harus profitable.
Dari logika ini pada saat ini perlu digaris-bawahi pada saat ini trend ini yang sedang 'IN', sembari memoles masing-masing kelompok secara internal dan eksternal; memang secara alami akan tersaring dengan sendirinya, justru yang bertahan akan menunjukan kualitas dari kelompoknya.

Contoh di bidang lain ya guys, di industri perfilman kenapa banyak film horror? Ya karena 'permintaan' akan film genre itu sangat tinggi makanya semua produser membiayai pembuatannya dan sampai saat ini masih terbukti menghasilkan. Coba kalau film olahraga yang 'laku' pasti kita bakal liat semua film genre olahraga di bioskop-bioskop kita.

Eh kayaknya udah kebanyakan yah aku tulisnya, maaf ya guys kalau membosankan untuk dibaca. Ini hanya pendapat saja kok. Sekarang waktunya untuk istirahat, hari-hari ke depan masih banyak schedule @7_ICONS yang harus disiapkan baik dari koreografi, kostum dan kesiapan vocalnya.
Yang udah baca sampe baris ini terima kasih yaa.

Love you all, hugs and kisses XOXO

11 comments:

  1. sing penting teruslah berkarya dan jangan sampai pecah

    ReplyDelete
  2. Entah kenapa orang jaman sekarang di Indonesia terlalu mudah menilai sesuatu sebagai plagiat..

    Apakah orang di Indonesia sudah lupa dengan kata-kata "Inovasi"?

    Atau memang tidak siap menerima hal-hal baru, Sehingga membuat suatu pembelaan dengan men-cap Sesuatu sebagai plagiat...?

    Indonesia harus belajar menerima hal-hal baru...
    Mau itu yang aneh, lebay, nyentrik..
    Keep positive...
    Selama itu bukan tindakan mengancam stabilitas keamanan negara...

    ReplyDelete
  3. Setujuuuu!! Ce Mez bener-bener hebat!! 7 ICONS tuh kreatif banget kok...

    ReplyDelete
  4. Setuju ce!! postingan cece itu patut di simak :D

    ReplyDelete
  5. Waow cece Ini Pinterr ya!Berati bener CherryBelle Plagiat SNSD? Jawab Yaa ce Piece




    dari Refa:
    Twitter:@OfficialLICONIA (JANGAN LUPA DI FOLLBACK)JAWAB CE

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha bener banget ce mezty aku setuju dengan ce mezty :)

      I Like 7ICONS :*

      Delete
  6. setelah baca postingan Kak Mezty jadi tahu perbedaan Plagiat/Terinspirasi/Kreatif. Yang pasti yg namanya Inspirasi bisa dari mana saja ! iyakan ????? & Buat orang-orang jangan asal Judge terlebih dahulu sebelum tahu sebenarnya pengertian antara plagiat/terinspirasi/kreatif !

    ReplyDelete
  7. ya banyak sekali orng diluar sana yg menilai BB dan GB indonesia plagiat termasuk anda kena, tp menurut pandangan saya kalian msh sewajarnya aja sich jd skrng ubah pandangan org tentang diri kalian yang dicap plagiat jika bs krn org ne sedikit-sedikit plagiat jd anda minimalisir kesamaan/kemiripan apa lagi sm korea.
    bahkan yg agak bikin ketawa sich ada yg bilang anda plagiat smash krn Vc jealous sm kyk ada cinta sm2 out door temanya alam gitu, hehehe kebangetan bgt yg ngomong. ettzz tp Iconia jgn ikut ngebash ya udh lah g ush diladen
    saya menduking kalian! bangkitlah GB indo yg pny jati diri dan ciri khas sendiri saya setuju yg bertahan yg bs menunjukan kualitasnya

    ReplyDelete
  8. oh iya ce Bantu kasih tahu Iconia donk buat g ush menghina BB dan GB lain ya walau hny beberapa org takutnya ini jd berlarut-larut jd nama kalian yg jelek dan Iconia lain yg g ikut-ikutan jd tercemar jg ya mungkin mrka ingin membela kalian tp caranya salah krn mungkin trllu kebawa emosi abis mrka kasar bgt ngatain kalian yg g ada faktanya lg, q kaget bgt nemu fp di fb bnyk bgt yg jd antic ampe 20rb katanya gini comentnya pas ditanya alasan anti 7 Icons
    "Gw sbenar'a bkan bermaksud untk ngejelekin 7icons. Emang sich 7icons gx da slah..!! Yg slah i2 iconia,,krna ska ngebully idola org lain..!!
    And gw gx brmaksud ya..!? Cma krna q emosi,palak,and q ingin ngebles dendam sma iconia yg sring ngebully idola org lain..!!

    Iconia : tw knapa klo bnyak yg jdi anti 7icons??
    Krna klian ska ngebully BB+GB lain..!! Mka'a bnyak yg jdi anti 7icons..

    All : klo klian tdak ska dngan idola org lain..!! Mndingan klian diem gx usah pke acra ngebully..
    Klo klian sring ngebully idola org lain..mka idola kta yg mlah d'bully'a.. Cntoh'a iconia yg sring ngebully idola org lain..!!

    Iconia : jdi'a bnyak kan idola loe yg d'bully" !!

    Mka'a jngan sring ngebully idola org lain,,jka tdak ska diem aja..gx ush pke acara ya??

    All : ini bkan untk iconia aja,,tpi bwat klian jga yg ska ngebully idola org lain.."

    "Sampe22 ng'jeLek22in gini? emang apa salahnya 7icons? ada ga sama kalean smua?"

    "iyaiya.. Bener banggett! Setuju!
    gua jd kayak gini krena banyak iconia yg ngehina idola gua"

    "Btul bgt tuh,,Saya gk sbel sma 7ICONS tpi sbel sma ICONIAnya,,itulah balasan utk org yg sering ngebully"

    ya sebagian bsr alasan mrka begiru walau ada jg yg bilang krn plagiat lah apa lah

    jujur sbgai Iconia q jd sedih dan merasa krn adanya Iconia lah kalian bs sprti skrng tp kok jdnya iconia jg yg merusak nama baik kalian(walau hny beberapa tp yg tercemar kesannya semua iconia)so Iconia q hrp kita be smart g ikut-ikutan menjelekan nm idola qt krn nm baik mrka ada ditangan qt jg tp cece 7 Icons jgn membenci Iconia yg begitu ya ce mngkin jg itu cobaan buat kalian justru kalian hrs mengarahkan mrka #PEACE no bashing just sharing!
    semangat tunjukan kalian bisa jd yg terbaik!
    saya akan suport sllu

    ReplyDelete
  9. Thank You untuk semua masukan dan supportnya guys! XOXO

    ReplyDelete