Friday, May 25, 2012

FRIday FREEday OFFday?

Hi Iconias & MyMez, apa kabar hari ini? Semoga semua baik-baik saja ya

Di schedule di website hari ini memang tidak ada schedule on maupun off air, akan tetapi walalupun kosong tetap diisi dengan kegiatan internal management kita sendiri, seperti hari ini cukup padat kegiatannya, hanya memang tidak dipublikasikan di website maupun di FB 7ICONS. Intinya tetap harus semangat dalam menjalani kegiatan apapun.
Kalau kita lihat ya sekarang banyak foto-foto yang beredar yang bermasalah dengan copyright (hak cipta) nya, contoh paling konkrit di blog ini, aku sering post foto-foto yang semuanya diambil oleh diriku sendiri atau oleh teman-temanku yang pada saat itu ada di sana, aku hampir tidak pernah post foto yang di take pihak ketiga. So far masih ngikutin guys? Nah, foto-foto yang aku post disini banyak disave dan di'brand' ulang. Maksud di brand ulang disini antara lain ya diedit sedikit dan ditulisi @abcde atau http://abcde.blogspot.com atau apa saja yang menunjukan yang meng-edit. Itu tidak masalah, hanya ada baiknya kredit asli asal muasal fotonya tetap dicantumkan. Seperti blog-blog lain yang post foto pasti akan dibuat watermark supaya tidak bisa 'diedit' dan diclaim. Hm bingung ya guys? :D Ini nih contohnya ya:








Sekilas tiga foto ini sama, kalau foto yang pertama biasa kalau aku post blog pasti begitu fomatnya bersih tanpa ada tulisan apa-apa, di foto kedua biasa ada yang save gambar dan diedit sedikit terus ditempel alamat atau nama editor dan di re-post lagi. Dan di foto kedua juga biasanya yang punya blog kalau update foto biasanya diberi tulisan seperti itu supaya tidak bisa diedit dan di'claim' orang lain. Nah di foto ketiga seharusnya menjadi format yang benar, diedit oleh orang lain tetapi kredit awal asal foto itu tetap dicantumkan seperti yang dilihat di sudut kanan bawah. Ini bukannya nyuruh-nyuruh sih :) tetapi pelatihan bahwa kita harus respect dengan karya cipta seseorang, baik itu lagu, lirik, foto dan sebagainya. Itu saja sih, hanya pendapatku... :) Selama ini aku tidak pernah mempermasalahkan hal ini, aku tetap post foto yang bersih tanpa tulisan apa-apa, hanya belakangan ini banyak foto-foto yang berasal dari blog ku ini yang di'brand' ulang seolah-olah karya seseorang dan dipost di website maupun blognya. Semoga informasi ini tidak membingungkan :)
Hari ini sudah harus packing untuk acara besok di Palembang; sudah seperti menjadi kotaku sendiri :) Banyak kenangan dan pengalaman disana :) , sekarang pasti sudah rame banget ya kotanya. Anyway, sekarang siap-siap dulu untuk kegiatan hari ini, doakan kita terus ya guys, sebab tanpa kalian kita tidak akan bisa bertahan sampai dengan hari ini :) Love you all, hugs and kisses XOXO

- Be original, be limited edition, then they will highly values you :) - Anonymous

11 comments:

  1. ce Mezty sekarang jarang baless mention kita ya di twiter? kenapa ce???

    ReplyDelete
  2. well educated (y)

    penjelasan yang mencerahkan menurut saya, seharusnya dimengerti dan saya berharap ga ada lagi pengulangan case ini pada post selanjutnya.

    saya yakin posting seperti ini yg membuat banyak orang untuk kembali mampir ke blog ini.

    semoga terus menjadi wanita yang memberikan inspirasi dengan tulisan dan karya2 nya.

    good job Me :)

    "Write when inspired, write to inspire." - Ollie @salsabeela -

    ReplyDelete
  3. waw! cemez aku SETUJU! pake BANGET!
    karna aku sendiri gak suka kalau digituin.
    waktu ada FTV PPL, aku fotoin bberapa adegan yg lucu =) nah udah gitu, aku share di twitter dan ada tulisan acc twitter aku, @daffagutawa @PJ_Pjetzet |

    nah cemez, aku mau nanya kalau aku bener gak? aku foto dri TV, trus aku upload dgn namaku sendiri. atau harus ada tulisan "diambil dari FTV PPL 7ICONS?"

    bales ya ce =) thanks

    ReplyDelete
  4. NaLty setuju sama post ini:)
    Tapi kalau yang aku post di blog lovenatlykiss, itu kebanyakan aku take dari TV sendiri, jadi aku kasih label/tanda kalau itu emang hasil punyaku. Dan foto yang lain biasanya aku print screen dari youtube, dan lainnya diambil dari situs yang emang bebas ambil foto-foto 7ICONS.

    contohnya aja foto [hasil photography] dari tumblr, banyak orang yang nge re-post foto-foto tsb dan malah kasih nama sendiri. Itulah yang kadang bikin orang kesel xD

    Nice post ce, keep posting:]

    ReplyDelete
  5. Semogaa semua yang di post oleh Ce Mezty jelas..!!!

    ReplyDelete
  6. Ini yg bikin ak seneng baca blog Mezty. Ga hny ttg jadwal ma keseharian aja. Tp jg berbagi pengalaman. Ngebahas lingkungan sekitar. Semua dr cara pandang kmu sendiri. Dan ak bnyk belajar dr itu.
    Thanks, Mezty... ;-)

    ReplyDelete
  7. Ak senang bisa baca blog kakak. Kadang kalau aku ke twitter kakak.pazti aku buka blog kakak.d blog kakak banyak hal yang aku pelajari..kak kapan* ke makassar.ku menunggu kakak dsni.
    .miss u XOXO

    ReplyDelete
  8. yupp stuju bgt ce mee! emng... byk iconia yg klo nge post fto, psti slalu di ksh pke watermark.
    Oy, ce mee klo nge post jgn di ksh watrmark ya ce? emng aku suka ambil be2rpa fto ce mee, tp cma bwt kolksi ajuua kok! n maaf klo aku gk bilng ce mee :)'
    Love you to ce mee, hugs n kisses XOXO :D'

    ReplyDelete
  9. mesty....selamat menjalankan ibadah puasa ya

    ReplyDelete